Tombol adalah sisi yang mendasar dari satu aplikasi. Tiada button kita tidak dapat berhubungan dengan aplikasi yang kita pakai, jadi dapat diambil kesimpulan jika tombol adalah fasilitas atau medium bila kita memakai aplikasi. Seringkali kita memandang remeh mengenai langkah kita mendesain button serta penempatannya tetapi perihal ini adalah perihal yang begitu penting sebab ini akan terkait bagaimana pengalaman user waktu memakai aplikasi kita. Artikel ini meringkas beberapa panduan untuk mendesain tombol supaya tampak efisien dalam penggunaannya.
Saat kita mendesain satu button (tombol), jadi button itu mesti berupa layaknya seperti button ini mempunyai tujuan supaya saat user memakai aplikasi kita mereka dapat tahu dimana sisi yang dapat mereka click serta dimana sisi yang tidak dapat. Untuk menfasilitasi hal itu kita mesti menggabungkan bentu, warna, bayangan, serta dan yang lain dalam mendesain tombol. Ada banyak bentuk yang umum dipakai dalam mendesain tombol yakni:
Ghost button
Waktu mendesain satu button kita mesti menyesuaikan diri kita menjadi user terlebih dulu supaya kita dapat lihat dari kacamata user tentang peletakan button apa telah ada dalam tempat yang pas. Perumpamaannya di webiste codepolitan saat memakai satu aplikasi umumnya button logout akan ada di samping kanan atas walau kita tidak pernah memakai aplikasi itu awal mulanya. Pengalaman ini adalah salah satunya aspek kenyamanan buat user sebab aplikasi yang mereka pakai tampak familiar dengan lainnya hingga tak perlu menghabiskan waktu untuk mencarinya.
Cap adalah salah satunya panduan buat user bagaimana memakai aplikasi hingga waktu kita mendesain satu button cap sebaiknya kita memberi cap yang pasti supaya user jadi memahami arti dari tombol itu mirip contoh pada halaman web codepolitan kelas programing akhir minggu disana ada 2 cap button yakni pada button PELAJARI DAHULU memberi petunjuk pada kita waktu kita mengkliknya akan membawa ke sisi info detil dari apakah yang di menawarkan oleh kelas programing akhir minggu di codepolitan serta pada button DAFTAR SEKARANG akan membawa kita ke sejumlah program yang di tawarakan oleh di codepolitan di mana kita bisa pilih program sama dengan minat kita.
Ukuran button adalah perihal pertama yang disaksikan oleh mata kita saat memakai satu aplikasi. Umumnya desainer ingin memberikan satu yang terpenting serta ingin tampak mencolok supaya bisa memperoleh perhatian dari user tentang tombol itu seperti button DAFTAR PREMIUM di halaman penting di web codepolitan didesain serta diberi bentuk yang mencolok dibanding tombol PELAJARI DAHULU supaya perhatian kita konsentrasi pada button itu hingga kita jadi ingin tahu. Membuat button yang dikasih bentuk mencolok adalah langkah yang efisien untuk memperoleh perhatian user tetapi tidak semua button mesti diberi warna yang mencolok supaya memperoleh dari user cukuplah yang penting-penting saja supaya tidak menganggu beberapa user dalam memakai aplikasi kita.
Dalam mendesain button semestinya kita memakai panduan keseharian. Contohnya pada halaman kita seperti waktu membuat tombol NEXT kita dapat memakai panah ke kanan supaya user dapat menebak button ini akan membawah kita ke halaman setelah itu. Demikian sebaliknya saat membuat tombol BACK kita memakai panah kiri supaya user dapat tahu button ini dapat membuat kita kembali pada halaman awal mulanya.
Arah mendesain satu aplikasi ialah untuk memperoleh pengalaman yang nyaman saat user memakai aplikasi serta memperoleh info yang sesuai dengan keperluan. Ini bermakna dalam soal mendesain aplikasi kita tak perlu memberi kebanyakan button atau pilihan yang berbelit hingga user tidak memperoleh info apa-apa saat memakai aplikasi kita.
Memberi tanggapan saat mengeklik salah satunya button seperti Unduh semestinya kita memberi tanggapan seperti memberi unduh bar ini mempunyai tujuan memberi info jika kita sudah dalam proses pengunduhan. Dengan audio contohnya seperti sound effect dari screenshot.
Ikuti program CodePolitan Developer School saat ini ikut, rasakan faedah dalam percepatan belajarmu.
